Kamis, 23 Oktober 2014

SISTEM MANAJEMEN DAN SISTEM ORGANISASI DARI SALAH SATU PERUSAHAAN INDUSTRI TEKNOLOGI


                Dalam suatu perusahaan industri tentunya dibutuhkan sistem manajemen dan sistem organisasi agar dapat berjalan dengan baik untuk mencapai suatu tujuan bersama yang telah ditargetkan dalam suatu perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai caranya masing-masing dalam sistem manajemen dan sistem organisasi.

saya akan mengambil salah satu contoh perusahaan yang ada di bidang perusahaan industri teknologi. Contoh perusahaan yang akan saya ambil adalah dari perusahaan terkenal dan ternama diseluruh dunia yaitu eBay. eBay adalah salah satu pasar online dunia, sebagai sarana bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diterbitkan pada tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay berkembang menjadi ajang pasar tempat anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel, DVD, pakaian, barang koleksi dan mobil.

eBay mempunyai struktur manajemen yang terbilang sangat baik, didalamnya terdapat aspek aspek penting guna menunjang kegiatan perusahaan eBay tersebut. aspek penting yang dilihat adalah aspek struktur keorganisasian, aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek produk, dan aspek tenaga kerja. eBay juga mempunyai sistem manajemen hubungan konsumen. sistem ini merupakan aspek penting dalam menjaga hubungan dengan para konsumen dengan mengutamakan kualitas layanan yang diberikan karena merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan dan lelang secara online.

Struktur organisasi di perusahaan eBay mempunyai chairman yaitu Pierre Omidyar, CEO Meg Whitman dan karyawan. Dimana-tugas dan wewenang Chairman adalah posis tertinggi di perusahaan bertugas untuk memanage perusahaan. CEO bertugas mewakili perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Karyawan bertugas menjalankan operational sehari-hari di perusahaan.



VISI DAN MISI PERUSAHAAN EBAY

VISI
Menjadikan perusahaan sebagai pemimpin dunia dalam pelayanan kepada pelanggansecara online.

MISI
Menjadi pusat pelayanan pelanggan yang terkemuka di dunia. Tempat orang-orangmenemukan. apa yang diinginkan dan dibeli secara online. Dengan motto: kerja keras,menyenangkan, dan tercatat dalam sejarah.
Sasaran yang ingin di incar ebay adalah

  1. Customers: Menciptakan obsesi pelanggan sehingga pelanggan jadi loyal untuk selalumembeli secara online di eBay.com dan sasaran utama adalah New User Internet.
  2. Product or Service Product atau layanan yang disediakan oleh eBay.com adalah pelayanan pembelian produk atau jasa secara online.
  3. Market Pasar yang akan dikuasai eBay.com adalah pasar dunia.
  4. Technology: Technology yang digunakan tentunya high Technology information dalamhal ini adalah internet.
  5.  Concern for Survival: Growth And Profitability Survive kepemilikan website ini, pertumbuhan perusahaan yang pesat, keuntungan perusahaan yang tinggi dan berkembang.
  6. Philosophy Menciptakan pelayanan yang inovatif dalam menghadapi perubahankonsumen. Keberhasilan jangka panjang itu lebih baik daripada pelayanan hebat sesaatdan menciptakan nilai kesejahteraan.
  7. Self – Concept: Keunggulan kompetitif yang diciptakan eBay.com adalah seminimalmungkin penyimpangan tindakan.
  8. Concern for Public Image: Perusahaan yang bekerja keras menyenangkan dan ini tercatatdalam sejarah.
  9.  Concern for Employees: Karyawan adalah asset perusahaan, oleh karena itu dilibatkandalam segala pengambilan keputusan dan dibayar mahal.

KESIMPULAN
Dari rangkuman yang saya buat, saya menyimpulkan bahwa sistem manajemen dan sistem organisasi merupakan suatu sistem yang saling berhubungan oleh sebab itu setiap perusahaan wajib mempunyai sistem manajemen dan sistem organisasi tersendiri dan berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan tujuan yang ditentukan perusahaan. Visi dan misi dalam perusahaan merupakan identitas suatu perusahaan dalam menajalankan bisnis yang dijalani. Saya mengambil contoh pada perusahaan eBay, didalam perusahaan eBay memiliki sistem manajemen yang didalamnya terdapat sebuah hubungan penjualan atau pembelian barang kepada komsumen. Dan perusahaan mendapatkan respon yang baik dari para konsumen karena kuliatas yang mereka miliki sangat bagus dan tidak mengecewakan. eBay juga memiliki struktur organisasi yang terbilang sangat efisien dan di dalam organisasi memiliki tata kerja dan kekompakan yang sangat baik, dimana dalam organisasi tersebut posisi tertinggi ditempati Chairman, kemudian CEO dan para karyawan dengan membentuk sebuah sistem dengan masing masing tugasnya dan saling berhubungan.

NAMA : MEIDIANA MONICA
KELAS : 2KA15
NPM : 15113408


Referensi :


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar